Syarat dan Ketentuan
Ketentuan penggunaan
Selamat datang di JBL Online Store. Harap baca syarat dan ketentuan ini dengan cermat. Ketentuan Penggunaan berikut mengatur penggunaan dan akses Anda ke Platform (didefinisikan di bawah) dan penggunaan Layanan. Dengan mengakses Platform dan/atau menggunakan Layanan, Anda setuju untuk terikat dengan Ketentuan Penggunaan ini. Jika Anda tidak setuju dengan Ketentuan Penggunaan ini, jangan mengakses dan/atau menggunakan Platform atau Layanan ini.
Akses ke dan penggunaan area yang dilindungi kata sandi dan/atau area aman dari Platform dan/atau penggunaan Layanan dibatasi hanya untuk Pelanggan dengan akun. Anda tidak boleh mendapatkan atau mencoba untuk mendapatkan akses yang tidak sah ke bagian-bagian Platform ini dan/atau Layanan, atau ke informasi lain yang dilindungi, melalui cara apa pun yang tidak sengaja disediakan oleh kami untuk penggunaan khusus Anda. Pelanggaran ketentuan ini dapat merupakan pelanggaran berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu (Undang-Undang No. 11 Tahun 2008).
Jika Anda berusia di bawah 21 tahun:
Anda harus mendapatkan persetujuan dari orang tua atau wali sah Anda, menerima Ketentuan Penggunaan ini, dan menyetujui untuk bertanggung jawab atas: (i) tindakan Anda; (ii) segala biaya yang terkait dengan penggunaan Layanan atau pembelian Produk; dan (iii) penerimaan dan kepatuhan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan ini.
Jika Anda tidak memiliki persetujuan dari orang tua atau wali sah Anda, Anda harus berhenti menggunakan/mengakses Platform ini dan menggunakan Layanan.
- Definisi & Interpretasi
Kecuali ditentukan lain, definisi dan ketentuan mengenai interpretasi yang tercantum dalam Jadwal 1 akan berlaku untuk Ketentuan Penggunaan ini. - Penggunaan Umum Layanan dan/atau Akses Platform
2.1 Pedoman Penggunaan Platform dan/atau Layanan: Anda setuju untuk mematuhi segala pedoman, pemberitahuan, aturan operasional dan
kebijakan serta instruksi yang berkaitan dengan penggunaan Layanan dan/atau akses ke Platform, serta setiap perubahan terhadap
hal-hal tersebut yang diterbitkan oleh kami dari waktu ke waktu. Kami berhak untuk merevisi pedoman, pemberitahuan, aturan operasional
dan kebijakan serta instruksi ini kapan saja, dan Anda dianggap telah menyadari dan terikat oleh setiap perubahan tersebut setelah
diterbitkan di Platform.
2.2 Aktivitas yang Dibatasi: Anda setuju dan berjanji untuk TIDAK:
(a) menyamar sebagai orang atau entitas lain atau membuat pernyataan palsu atau menyalahartikan afiliasi Anda dengan. orang atau
entitas mana pun;
(b) menggunakan Platform atau Layanan untuk tujuan yang melanggar hukum;
(c) mencoba untuk mendapatkan akses yang tidak sah atau mengganggu atau mengganggu sistem komputer atau jaringan lain
yang terhubung ke Platform atau Layanan;
(d) memposting, mempromosikan, atau mengirimkan melalui Platform atau Layanan Materi yang Dilarang;
(e) mengganggu penggunaan dan kenikmatan orang lain terhadap Platform atau Layanan;
(f) menggunakan atau mengunggah, dengan cara apa pun, perangkat lunak atau materi yang mengandung, atau yang Anda curigai
mengandung, virus, komponen merusak, kode berbahaya, atau komponen berbahaya yang dapat merusak atau merusak data Platform
atau merusak atau mengganggu pengoperasian komputer atau perangkat seluler pelanggan lain atau Platform atau Layanan; dan
(g) menggunakan Platform atau Layanan selain sesuai dengan kebijakan penggunaan yang dapat diterima dari jaringan komputer yang
terhubung, standar Internet yang berlaku, dan hukum lain yang berlaku.
2.3 Ketersediaan Platform dan Layanan: Kami dapat, dari waktu ke waktu dan tanpa memberikan alasan atau pemberitahuan sebelumnya,
meningkatkan, memodifikasi, menangguhkan, atau menghentikan penyediaan atau menghapus, baik secara keseluruhan atau sebagian,
Platform atau Layanan mana pun dan tidak akan bertanggung jawab jika peningkatan, modifikasi, penangguhan, atau penghapusan
tersebut menghalangi Anda mengakses Platform atau bagian mana pun dari Layanan.
2.4 Hak, tetapi bukan Kewajiban, untuk Memantau Konten: Kami berhak, tetapi tidak berkewajiban untuk:
(a) memantau, menyaring, atau mengendalikan aktivitas, konten, atau materi apa pun di Platform dan/atau melalui Layanan. Kami dapat,
atas kebijakannya sendiri dan mutlak, menyelidiki setiap pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan yang tercantum di sini dan dapat
mengambil tindakan apa pun yang dianggap tepat;
(b) mencegah atau membatasi akses pelanggan mana pun ke Platform dan/atau Layanan;
(c) melaporkan setiap aktivitas yang diduga melanggar hukum, undang-undang, atau peraturan yang berlaku kepada otoritas yang
berwenang dan bekerja sama dengan otoritas tersebut; dan/atau
(d) meminta informasi dan data apa pun dari Anda terkait dengan penggunaan Layanan dan/atau akses ke Platform kapan saja dan
melaksanakan hak kami berdasarkan paragraf ini jika Anda menolak untuk mengungkapkan informasi dan/atau data tersebut atau jika
Anda memberikan atau jika kami memiliki alasan yang masuk akal untuk menduga bahwa Anda telah memberikan informasi dan/atau
data yang tidak akurat, menyesatkan, atau curang.
2.5 Syarat Tambahan: Selain Ketentuan Penggunaan ini, penggunaan aspek spesifik dari Materi dan Layanan, versi Materi yang lebih lengkap
atau yang diperbarui yang ditawarkan oleh kami atau subkontraktor yang kami tunjuk, mungkin tunduk pada syarat dan ketentuan
tambahan, yang akan berlaku secara penuh dan efektif.
- Penggunaan Layanan
3.1 Penerapan Klausul ini: Selain semua syarat dan ketentuan lainnya dari Ketentuan Penggunaan ini, ketentuan dalam Klausul 3 ini adalah
syarat dan ketentuan khusus tambahan yang mengatur penggunaan Layanan oleh Anda.
3.2 Pembatasan: Penggunaan Layanan terbatas pada Pelanggan yang berwenang yang sudah cukup umur dan yang memiliki kapasitas hukum
untuk membuat dan membentuk kontrak berdasarkan hukum yang berlaku. Pelanggan yang telah melanggar atau sedang melanggar
syarat dan ketentuan yang tercantum di sini dan Pelanggan yang telah ditangguhkan secara permanen atau sementara dari penggunaan
Layanan mana pun tidak boleh menggunakan Layanan meskipun mereka memenuhi persyaratan Klausul 3.2 ini.
3.3 Ketentuan Umum Penggunaan: Anda setuju:
(a) untuk mengakses dan/atau menggunakan Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan dengan cara yang sah setiap saat dan setuju lebih
lanjut untuk melakukan setiap aktivitas yang berkaitan dengan Layanan dengan itikad baik; dan
(b) untuk memastikan bahwa informasi atau data apa pun yang Anda posting atau sebabkan muncul di Platform terkait dengan Layanan
adalah akurat dan setuju untuk mengambil tanggung jawab penuh atas informasi dan data tersebut.
3.4 Deskripsi Produk: Meskipun kami berusaha memberikan deskripsi yang akurat tentang Produk, kami tidak menjamin bahwa deskripsi
tersebut akurat, terkini, atau bebas dari kesalahan.
3.5 Harga Produk: Semua Harga Daftar tunduk pada pajak, kecuali dinyatakan lain. Kami berhak untuk mengubah Harga Daftar kapan saja
tanpa memberikan alasan atau pemberitahuan sebelumnya.
3.6 Vendor Pihak Ketiga: Anda mengakui bahwa pihak selain JBL (yaitu Vendor Pihak Ketiga) mencantumkan dan menjual Produk di Platform.
Apakah Produk tertentu terdaftar untuk dijual di Platform oleh JBL atau Vendor Pihak Ketiga dapat dinyatakan di halaman web yang
mencantumkan Produk tersebut. Untuk menghindari keraguan, setiap perjanjian yang dibuat untuk penjualan Produk Vendor Pihak Ketiga
kepada Pelanggan harus merupakan perjanjian yang dibuat langsung dan hanya antara Vendor Pihak Ketiga dan Pelanggan.
- Pelanggan dengan Akun JBL
4.1 Nama Pengguna/Kata Sandi: Layanan tertentu yang dapat tersedia di Platform mungkin memerlukan pembuatan akun dengan kami atau
bagi Anda untuk memberikan Data Pribadi. Jika Anda meminta untuk membuat akun dengan kami, Nama Pengguna dan Kata Sandi dapat
ditentukan dan diterbitkan kepada Anda oleh kami; atau disediakan oleh Anda dan diterima oleh kami atas kebijakannya sendiri dan
mutlak terkait dengan penggunaan Layanan dan/atau akses ke Platform yang relevan. Kami dapat kapan saja atas kebijakannya sendiri
dan mutlak, meminta Anda untuk memperbarui Data Pribadi Anda atau segera membatalkan Nama Pengguna dan/atau Kata Sandi tanpa
memberikan alasan atau pemberitahuan sebelumnya dan tidak akan bertanggung jawab atau bertanggung jawab atas Kerugian yang
dialami atau disebabkan oleh Anda atau yang timbul dari atau sehubungan dengan atau karena permintaan tersebut atau pembatalan.
Anda dengan ini setuju untuk mengubah Kata Sandi Anda dari waktu ke waktu dan untuk menjaga kerahasiaan Nama Pengguna dan Kata
Sandi dan bertanggung jawab atas keamanan akun Anda dan bertanggung jawab atas pengungkapan atau penggunaan (baik penggunaan
tersebut sah atau tidak) Nama Pengguna dan/atau Kata Sandi. Anda harus memberi tahu kami segera jika Anda mengetahui atau memiliki
alasan untuk menduga bahwa kerahasiaan Nama Pengguna dan/atau Kata Sandi telah terganggu atau jika ada penggunaan yang tidak sah
atas Nama Pengguna dan/atau Kata Sandi atau jika Data Pribadi Anda memerlukan pembaruan.
4.2 Penggunaan/Akses yang Diduga: Anda setuju dan mengakui bahwa setiap penggunaan Layanan dan/atau akses ke Platform dan
informasi, data, atau komunikasi yang merujuk pada Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda akan dianggap sebagai:
(a) akses ke Platform yang relevan dan/atau penggunaan Layanan oleh Anda; atau
(b) informasi, data atau komunikasi yang diposting, dikirimkan, dan valid diterbitkan oleh Anda.
Anda setuju untuk terikat oleh setiap akses ke Platform dan/atau penggunaan Layanan apa pun (apakah akses atau penggunaan tersebut
sah atau tidak) dan Anda setuju bahwa kami berhak (tetapi tidak berkewajiban) untuk bertindak berdasarkan, mengandalkan atau menahan
Anda sepenuhnya bertanggung jawab dan bertanggung jawab sehubungan dengan hal tersebut seolah-olah hal yang sama dilakukan atau
dikirimkan oleh Anda. Anda selanjutnya setuju dan mengakui bahwa Anda akan terikat oleh dan setuju untuk sepenuhnya mengganti
kerugian kami terhadap setiap dan semua Kerugian yang disebabkan oleh penggunaan Layanan dan/atau akses ke Platform yang merujuk
pada Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda.
- Kekayaan Intelektual
5.1 Kepemilikan: Kekayaan Intelektual di dan pada Platform dan Materi dimiliki, dilisensikan kepada atau dikendalikan oleh kami, pemberi
lisensi kami atau penyedia layanan kami. Kami berhak untuk menegakkan Kekayaan Intelektual sepenuhnya sesuai dengan hukum.
5.2 Penggunaan yang Dibatasi: Tidak ada bagian atau bagian dari Platform, atau Materi apa pun yang dapat direproduksi, direkayasa balik,
didekompilasi, dibongkar, dipisahkan, diubah, didistribusikan, diterbitkan ulang, ditampilkan, disiarkan, di-hyperlink, dicerminkan, dibingkai,
dipindahkan atau ditransmisikan dengan cara apa pun atau dengan cara apa pun atau disimpan dalam sistem pengambilan informasi atau
diinstal di server, sistem atau peralatan apa pun tanpa izin tertulis sebelumnya dari kami atau pemilik hak cipta yang relevan. Tunduk pada
Klausul 5.3, izin hanya akan diberikan kepada Anda untuk mengunduh, mencetak atau menggunakan Materi untuk penggunaan pribadi dan
non-komersial, asalkan Anda tidak memodifikasi Materi dan kami atau pemilik hak cipta yang relevan mempertahankan semua hak cipta
dan pemberitahuan kepemilikan lainnya yang terkandung dalam Materi.
5.3 Merek Dagang: Merek Dagang adalah merek dagang terdaftar dan tidak terdaftar dari kami atau pihak ketiga. Tidak ada apa pun di
Platform dan dalam Ketentuan Penggunaan ini yang akan ditafsirkan sebagai memberikan, secara implisit, estoppel, atau sebaliknya,
lisensi atau hak untuk menggunakan (termasuk sebagai meta tag atau sebagai tautan “hot” ke situs web lain) Merek Dagang yang
ditampilkan di Layanan, tanpa izin tertulis kami atau pemilik merek dagang lainnya yang berlaku.
- Pengiriman dan Informasi Anda
6.1 Pengiriman oleh Anda: Anda memberikan kepada kami lisensi non-eksklusif untuk menggunakan materi atau informasi yang Anda
kirimkan ke Platform dan/atau berikan kepada kami, termasuk namun tidak terbatas pada, pertanyaan, ulasan, komentar, dan saran
(secara kolektif, “Pengiriman”). Ketika Anda memposting komentar atau ulasan ke Platform, Anda juga memberikan kepada kami hak untuk
menggunakan nama yang Anda kirimkan atau Nama Pengguna Anda sehubungan dengan ulasan, komentar, atau konten lainnya tersebut.
Anda tidak boleh menggunakan alamat e-mail palsu, berpura-pura menjadi orang lain selain diri Anda sendiri, atau dengan cara lain
menyesatkan kami atau pihak ketiga tentang asal dari Pengiriman apa pun. Kami dapat, tetapi tidak berkewajiban, untuk menerbitkan,
menghapus, atau mengedit Pengiriman Anda.
6.2 Persetujuan untuk menerima e-mail: Anda menyetujui dan mengizinkan penggunaan oleh kami atas informasi apa pun yang Anda berikan
(termasuk Data Pribadi) untuk tujuan pengiriman e-mail informasi dan promosi kepada Anda. Persetujuan Anda terhadap ketentuan dalam
Klausul 8.2 ini akan merupakan persetujuan Anda untuk tujuan ketentuan hukum pengendalian spam apa pun (baik di Singapura maupun di
tempat lain). Anda dapat kemudian memilih untuk tidak menerima e-mail promosi dengan mengklik tautan yang sesuai dalam e-mail
promosi apa pun.
6.3 Kebijakan Privasi: Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi dan memberikan persetujuan atas
pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan Data Pribadi Anda oleh kami untuk tujuan yang diatur dalam Kebijakan Privasi.
- Pengakhiran
7.1 Pengakhiran oleh kami: Atas kebijakan tunggal dan mutlak kami, kami dapat dengan segera, setelah memberi Anda pemberitahuan,
mengakhiri penggunaan Platform dan/atau Layanan oleh Anda dan/atau menonaktifkan Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda. Kami
dapat melarang akses ke Platform dan/atau Layanan (atau bagian mana pun dari Platform dan/atau Layanan) dengan alasan apa pun,
termasuk pelanggaran terhadap salah satu dari Ketentuan Penggunaan ini atau jika kami percaya bahwa Anda telah melanggar atau
bertindak tidak konsisten dengan ketentuan apa pun yang ditetapkan di sini, atau jika menurut pendapat kami atau pendapat otoritas
regulasi mana pun, tidak sesuai untuk melanjutkan penyediaan layanan yang berkaitan dengan Platform.
7.2 Pengakhiran oleh Anda: Anda dapat mengakhiri Ketentuan Penggunaan ini dengan memberikan pemberitahuan tertulis kepada kami tujuh
hari sebelumnya.
7.3 Para pihak setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang diperlukan penetapan
pengadilan terlebih dahulu untuk mengakhiri Ketentuan Penggunaan ini.
- Pemberitahuan
8.1 Pemberitahuan dari kami: Semua pemberitahuan atau komunikasi lainnya yang diberikan kepada Anda jika:
(a) dikomunikasikan melalui media cetak atau elektronik apa pun yang kami pilih akan dianggap telah diberitahukan kepada Anda pada
tanggal publikasi atau siaran; atau
(b) dikirim melalui pos atau ditinggalkan di alamat terakhir Anda yang diketahui akan dianggap telah diterima oleh Anda pada hari
berikutnya setelah pengiriman atau pada hari ketika pemberitahuan tersebut ditinggalkan.
8.2 Pemberitahuan dari Anda: Anda hanya dapat memberikan pemberitahuan kepada kami secara tertulis yang dikirim ke alamat yang
ditentukan atau alamat e-mail kami, dan kami akan dianggap telah menerima pemberitahuan tersebut hanya setelah diterima. Meskipun
kami berusaha untuk merespons pemberitahuan dari Anda dengan cepat, kami tidak dapat menjamin bahwa kami akan selalu merespons
dengan kecepatan yang konsisten.
8.3 Mode lain: Terlepas dari Klausul 8.1 dan 8.2, kami dapat dari waktu ke waktu menetapkan mode lain yang dapat diterima untuk
memberikan pemberitahuan (termasuk tetapi tidak terbatas pada e-mail atau bentuk komunikasi elektronik lainnya) dan waktu atau
peristiwa ketika pemberitahuan tersebut dianggap telah diberikan.
- Umum
9.1 Hak dan upaya hukum kumulatif: Kecuali ditentukan lain dalam Ketentuan Penggunaan ini, ketentuan dari Ketentuan Penggunaan ini dan
hak dan upaya hukum kami berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini bersifat kumulatif dan tanpa mengurangi dan sebagai tambahan atas
hak atau upaya hukum yang kami miliki dalam hukum atau dalam keadilan, dan tidak ada pelaksanaan oleh kami atas satu hak atau upaya
hukum di bawah Ketentuan Penggunaan ini, atau dalam hukum atau dalam keadilan, yang akan (kecuali sejauh, jika ada, yang secara tegas
disediakan dalam Ketentuan Penggunaan ini atau dalam hukum atau dalam keadilan) beroperasi sehingga menghambat atau mencegah
pelaksanaan hak atau upaya hukum lainnya oleh kami seperti dalam hukum atau dalam keadilan.
9.2 Tanpa pengabaian: Kegagalan kami untuk menegakkan Ketentuan Penggunaan ini tidak akan dianggap sebagai pengabaian atas
ketentuan ini, dan kegagalan tersebut tidak akan mempengaruhi hak kami kemudian untuk menegakkan Ketentuan Penggunaan ini. Kami
masih berhak untuk menggunakan hak dan upaya hukum kami dalam situasi lain di mana Anda melanggar Ketentuan Penggunaan ini.
9.3 Keterpisahan: Jika sewaktu-waktu ketentuan dari Ketentuan Penggunaan ini menjadi atau menjadi ilegal, tidak sah, atau tidak dapat
dilaksanakan dalam hal apa pun, legalitas, keabsahan, dan keberlakuan ketentuan lainnya dari Perjanjian ini tidak akan terpengaruh atau
terganggu karenanya, dan akan tetap berlaku seolah-olah ketentuan yang ilegal, tidak sah, atau tidak dapat dilaksanakan tersebut telah
dipisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini.
9.4 Hukum yang berlaku: Penggunaan Platform dan/atau Layanan dan Ketentuan Penggunaan ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan
hukum Indonesia dan Anda dengan ini tunduk pada yurisdiksi eksklusif pengadilan Indonesia.
9.5 Penggantian sementara: Kami dapat mencari penggantian sementara segera jika kami membuat penentuan dengan itikad baik bahwa
pelanggaran atau ketidakpatuhan sedemikian rupa sehingga perintah penahanan sementara atau penggantian sementara lainnya adalah
satu-satunya upaya yang sesuai atau memadai.
9.6 Amandemen: Kami dapat melalui pemberitahuan melalui Platform atau dengan metode pemberitahuan lain yang kami tetapkan (yang
mungkin termasuk pemberitahuan melalui e-mail), mengubah syarat dan ketentuan dari Ketentuan Penggunaan ini, perubahan tersebut
akan berlaku pada tanggal yang kami tentukan melalui cara-cara di atas. Jika Anda menggunakan Platform atau Layanan setelah tanggal
tersebut, Anda dianggap telah menerima perubahan tersebut. Jika Anda tidak menerima perubahan tersebut, Anda harus berhenti
mengakses atau menggunakan Platform dan Layanan dan mengakhiri Ketentuan Penggunaan ini. Hak kami untuk mengubah Ketentuan
Penggunaan ini dengan cara tersebut akan dilakukan tanpa persetujuan dari orang atau entitas mana pun yang bukan merupakan pihak
dari Ketentuan Penggunaan ini.
9.7 Koreksi kesalahan: Kesalahan tipografi, administratif, atau kesalahan lainnya dalam penerimaan, faktur atau dokumen lainnya di pihak
kami akan menjadi subjek untuk dikoreksi tanpa tanggung jawab apa pun di pihak kami.
9.8 Mata uang: Referensi uang di bawah Ketentuan Penggunaan ini akan dalam Rupiah Indonesia.
9.9 Bahasa: Ketentuan Penggunaan ini dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kedua teks tersebut sama-sama berlaku. Jika
terjadi ketidakkonsistenan atau perbedaan penafsiran antara teks bahasa Inggris dan teks bahasa Indonesia, teks bahasa Inggris yang
akan berlaku dan teks Bahasa Indonesia akan dianggap secara otomatis diubah agar sesuai dengan, dan agar konsisten dengan, teks
bahasa Inggris yang relevan.
9.10 Keseluruhan perjanjian: Ketentuan Penggunaan ini akan merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dan kami yang terkait dengan
subjek di sini dan menggantikan serta menggantikan sepenuhnya semua pemahaman, komunikasi, dan perjanjian sebelumnya terkait
dengan subjek di sini.
9.11 Mengikat dan konklusif: Anda mengakui dan setuju bahwa setiap catatan (termasuk catatan percakapan telepon yang terkait dengan
Layanan, jika ada) yang kami atau penyedia layanan kami simpan terkait dengan atau sehubungan dengan Platform dan Layanan akan
mengikat dan konklusif bagi Anda untuk segala tujuan apa pun dan akan menjadi bukti yang meyakinkan dari informasi dan/atau data
yang ditransmisikan antara kami dan Anda. Anda dengan ini setuju bahwa semua catatan tersebut dapat diterima sebagai bukti dan
bahwa Anda tidak akan menantang atau mempertanyakan keterterimaan, keandalan, akurasi atau keaslian dari catatan tersebut hanya
karena catatan tersebut dalam bentuk elektronik atau merupakan keluaran dari sistem komputer, dan Anda dengan ini melepaskan hak
Anda, jika ada, untuk mengajukan keberatan tersebut.
9.12 Sub-kontrak dan delegasi: Kami berhak untuk mendelegasikan atau menyubkontrakkan pelaksanaan fungsi apa pun yang berkaitan
dengan Platform dan/atau Layanan dan berhak untuk menggunakan penyedia layanan, subkontraktor, dan/atau agen apa pun dengan
syarat yang kami anggap tepat.
9.13 Penugasan: Anda tidak boleh mengalihkan hak Anda di bawah Ketentuan Penggunaan ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari
kami. Kami dapat mengalihkan hak kami di bawah Ketentuan Penggunaan ini kepada pihak ketiga mana pun.
9.14 Keadaan kahar: Kami tidak akan bertanggung jawab atas kegagalan kinerja, kesalahan, gangguan, atau keterlambatan dalam
pelaksanaan kewajiban kami di bawah Ketentuan Penggunaan ini (atau bagian mana pun dari Ketentuan Penggunaan ini) atau atas
ketidakakuratan, ketidakandalan atau ketidaklayakan dari konten Platform dan/atau Layanan jika hal tersebut disebabkan, seluruhnya
atau sebagian, langsung atau tidak langsung oleh peristiwa atau kegagalan yang berada di luar kendali wajar kami.
Jadwal 1 – Definisi dan Penafsiran
- Definisi. Kecuali konteks mengharuskan lain, ungkapan-ungkapan berikut memiliki arti sebagai berikut dalam Ketentuan Penggunaan ini:
1.1 “Pelanggan” memiliki arti yang sama seperti dalam Syarat & Ketentuan Penjualan.
1.2 “Kekayaan Intelektual” berarti semua hak cipta, paten, inovasi utilitas, merek dagang dan layanan, indikasi geografis, nama domain, hak
desain tata letak, desain terdaftar, hak desain, hak basis data, nama-nama perdagangan atau bisnis, hak-hak yang melindungi rahasia
dagang dan informasi rahasia, hak-hak yang melindungi goodwill dan reputasi, dan semua hak properti serupa atau yang sesuai serta
semua aplikasinya, baik yang ada saat ini maupun yang dibuat di masa depan, di mana pun di dunia, baik terdaftar maupun tidak, dan
semua manfaat, hak istimewa, hak untuk mengajukan gugatan, mendapatkan ganti rugi, dan memperoleh bantuan atau cara lain untuk
pelanggaran masa lalu, saat ini, atau masa depan, penyalahgunaan atau pelanggaran dari hak-hak tersebut.
1.3 “Pihak JBL yang Dibebaskan” berarti JBL dan semua perwakilan, karyawan, direktur, agen, kontraktor, dan penerima hak JBL
masing-masing.
1.4 “JBL”, “kami”, “kami”, dan “kami” merujuk kepada Harman International Singapore Pte. Ltd., dengan alamat terdaftar di
Golden Agri Plaza, 108 Pasir Panjang Road #02-08 Singapura 118535.
1.5 “Harga Penawaran” berarti harga Produk yang tercantum untuk dijual kepada Pelanggan, sebagaimana tercantum di Platform.
1.6 “Kerugian” berarti semua denda, kerugian, jumlah penyelesaian, biaya (termasuk biaya hukum dan biaya-biaya atas dasar solicitor-client),
biaya, pengeluaran, tindakan, proses, klaim, tuntutan, dan liabilitas lainnya, apakah dapat diprediksi atau tidak.
1.7 “Material” berarti, secara kolektif, semua halaman web di Platform, termasuk informasi, gambar, tautan, suara, grafik, video, perangkat
lunak, aplikasi, dan materi lain yang ditampilkan atau tersedia di Platform serta fungsionalitas atau layanan yang disediakan di Platform.
1.8 “Pesanan” berarti pesanan Anda untuk Produk yang dikirim melalui Platform sesuai dengan Syarat & Ketentuan Penjualan.
1.9 “Kata Sandi” mengacu pada kata sandi valid yang dapat digunakan oleh Pelanggan yang memiliki akun dengan JBL bersama dengan Nama
Pengguna untuk mengakses Platform dan/atau Layanan yang relevan.
1.10 “Data Pribadi” berarti data, baik benar maupun tidak, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan
Anda. Data Pribadi dapat mencakup nama Anda, alamat e-mail, alamat penagihan, alamat pengiriman, nomor telepon, dan informasi
kartu kredit. “Data Pribadi” dianggap termasuk data apa pun yang Anda berikan kepada kami saat melakukan Pesanan, tanpa
memandang apakah Anda memiliki akun dengan kami.
1.11 “Platform” berarti (a) versi web dan mobile dari JBL Online Store yang dioperasikan dan/atau dimiliki oleh JBL yang saat ini berlokasi di
URL berikut: www.jblstore.co.id
1.12 “Kebijakan Privasi” berarti kebijakan privasi yang ditetapkan di JBL Online Store.
1.13 “Produk” berarti produk (termasuk setiap angsuran dari produk tersebut atau bagian-bagiannya) yang tersedia untuk dijual kepada
Pelanggan di Platform.
1.14 “Material Terlarang” berarti setiap informasi, grafik, foto, data, dan/atau materi lain yang:
(a) mengandung virus komputer atau kode, program, atau makro lain yang merusak atau merusak;
(b) melanggar Kekayaan Intelektual pihak ketiga atau hak milik lainnya;
(c) bersifat fitnah, pencemaran nama baik, atau mengancam;
(d) bersifat cabul, pornografi, tidak senonoh, palsu, penipuan, dicuri, berbahaya, atau sebaliknya ilegal di bawah hukum yang berlaku;
(e) atau dapat dianggap mengganggu dan/atau tidak layak, menurut pendapat kami sendiri.
1.15 “Layanan” berarti layanan, informasi, dan fungsi yang tersedia oleh kami di Platform.
1.16 “Pengiriman” seperti yang didefinisikan dalam Klausul 8.1 dari Ketentuan Penggunaan ini.
1.17 “Syarat & Ketentuan Penjualan” berarti syarat dan ketentuan yang mengatur pembelian Produk oleh Pelanggan dan tercantum di
JBL Online Store.
1.18 “Ketentuan Penggunaan” berarti pembaruan, Klausul 1 hingga 9, dan segala Jadwal dari syarat dan ketentuan ini.
1.19 “Merek Dagang” berarti merek dagang, merek layanan, nama dagang, dan logo yang digunakan dan ditampilkan di Platform.
1.20 “Nama Pengguna” mengacu pada nama atau kode identifikasi login unik yang mengidentifikasi Pelanggan yang memiliki akun
dengan JBL.
1.21 “Voucher” berarti voucher kredit yang dapat digunakan oleh Pelanggan, sesuai dengan syarat dan ketentuan lainnya, untuk pembayaran
pembelian di Platform.
1.22 “Anda” merujuk kepada individu yang berusia 18 tahun atau lebih atau di bawah pengawasan orang tua atau wali hukum.
2. Penafsiran: Setiap rujukan dalam Ketentuan Penggunaan ini terhadap ketentuan undang-undang akan ditafsirkan sebagai rujukan terhadap ketentuan tersebut sebagaimana diubah, diperpanjang, atau diperluas pada waktu yang relevan. Dalam Perjanjian ini, setiap kali kata “termasuk”, “termasuk”, atau “yang meliputi” digunakan, mereka akan dianggap diikuti oleh kata-kata “tanpa batasan”. Kecuali secara tegas ditunjukkan sebaliknya, semua rujukan terhadap jumlah hari berarti hari kalender, dan kata-kata “bulan” atau “bulanan” serta semua rujukan terhadap jumlah bulan berarti bulan kalender. Judul klausa dimasukkan hanya untuk kemudahan dan tidak akan mempengaruhi penafsiran Ketentuan Penggunaan ini. Dalam hal konflik atau inkonsistensi antara dua atau lebih ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini, baik ketentuan tersebut terdapat dalam dokumen yang sama atau berbeda, konflik atau inkonsistensi tersebut akan diselesaikan untuk kepentingan JBL dan ketentuan yang lebih menguntungkan bagi JBL akan berlaku.
Syarat Penjualan
1. Definisi & Interpretasi
Kecuali ditentukan lain, definisi dan ketentuan mengenai interpretasi yang tercantum dalam Jadwal 1 akan berlaku untuk Syarat & Ketentuan Penjualan ini.
2. Pembelian Produk
2.1 Kepatuhan Anda: Anda setuju untuk mematuhi semua pedoman, pemberitahuan, aturan operasional, kebijakan, dan instruksi terkait pembelian Produk melalui Platform, termasuk setiap perubahan yang dari waktu ke waktu dikeluarkan oleh PT. Casafortech Teknologi Solusi (baik sebagai bagian dari penggunaan Platform maupun terkait dengan pembelian Produk, atas nama Penjual). PT. Casafortech Teknologi Solusi berhak merevisi pedoman, pemberitahuan, aturan, kebijakan, dan instruksi tersebut kapan saja, dan Anda dianggap mengetahui serta terikat oleh setiap perubahan setelah dipublikasikan di Platform.
2.2 Deskripsi Produk: Meskipun Penjual berusaha memberikan deskripsi yang akurat tentang Produk, Penjual tidak menjamin bahwa deskripsi tersebut benar, terkini, atau bebas dari kesalahan. Jika Produk yang Anda terima secara mendasar berbeda dengan deskripsi Produk yang tercantum di Platform dan yang Anda pesan, maka berlaku Klausul 6 dari Syarat & Ketentuan Penjualan ini.
2.3 Penjual: Produk dijual oleh “Penjual.” Istilah “Penjual” mengacu pada “Vendor Pihak Ketiga” atau PT. Casafortech Teknologi Solusi sebagai distributor berdasarkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini. Produk yang dijual kepada Anda oleh Penjual akan diatur oleh Kontrak Konsumen individual (dijelaskan lebih lanjut pada Klausul 2.6) yang:
2.3.1 untuk Produk yang dijual oleh Vendor Pihak Ketiga, merupakan perjanjian yang dibuat langsung dan hanya antara Vendor Pihak Ketiga dan Anda.
2.4 Penempatan Pesanan: Anda dapat melakukan Pesanan dengan mengisi formulir di Platform dan mengklik tombol “Tempatkan Pesanan Saya.” Penjual tidak akan menerima Pesanan dengan cara lain. Anda bertanggung jawab atas keakuratan Pesanan.
2.5 Pesanan bersifat tidak dapat dicabut dan tidak bersyarat: Semua Pesanan dianggap tidak dapat dicabut dan tidak bersyarat setelah ditransmisikan melalui Platform. Penjual berhak (namun tidak berkewajiban) memproses Pesanan tersebut tanpa persetujuan lebih lanjut dari Anda dan tanpa pemberitahuan tambahan. Namun, dalam keadaan tertentu sebagaimana diatur dalam Klausul 8, Anda dapat meminta pembatalan atau perubahan Pesanan, yang akan diupayakan oleh Penjual secara wajar dari sisi komersial. Walaupun demikian, Penjual tidak berkewajiban untuk mengabulkan permintaan pembatalan atau perubahan Pesanan.
2.6 Hak Penjual terkait Pesanan: Semua Pesanan tunduk pada persetujuan Penjual sepenuhnya atas kebijaksanaannya sendiri. Setiap Pesanan yang diterima Penjual (disebut sebagai “Kontrak Konsumen”) akan menjadi kontrak yang terpisah. Anda mengakui bahwa kecuali Anda menerima pemberitahuan penerimaan Pesanan dari Penjual, maka Penjual tidak menjadi pihak dalam perjanjian atau janji hukum yang sah dengan Anda terkait penjualan Produk. Oleh karenanya, Penjual tidak bertanggung jawab atas kerugian yang mungkin timbul. Untuk menghindari keraguan, Penjual berhak menolak memproses atau menerima Pesanan apa pun dari Platform atas kebijaksanaannya sendiri.
2.7 Pemutusan karena kesalahan harga: Penjual berhak mengakhiri Kontrak Konsumen apabila suatu Produk salah harga di Platform, dengan pemberitahuan tertulis kepada Anda. Hak ini berlaku baik Produk sudah dikirim, sedang dalam perjalanan, maupun ketika pembayaran telah dibebankan kepada Anda.
2.8 Garansi Produk: Garansi Produk (“Garansi Produk”) yang dijual berdasarkan Kontrak Konsumen akan sesuai dengan yang tercantum di Platform, pada tab “Spesifikasi” dalam kolom “Jenis Garansi” dan “Periode Garansi,” serta terbatas pada syarat dan ketentuan di dalamnya. Kecuali dilarang secara tegas oleh hukum yang berlaku, semua syarat, jaminan, dan kondisi lainnya — baik tersurat maupun tersirat, berdasarkan undang-undang atau lainnya — digantikan oleh Garansi Produk tersebut.
2.9 Pengakuan Pelanggan: Anda mengakui dan menjamin bahwa Anda tidak bergantung pada syarat, ketentuan, jaminan, bujukan, atau representasi apa pun yang tidak tercantum secara eksplisit dalam Kontrak Konsumen, termasuk deskripsi, ilustrasi, atau spesifikasi dari katalog atau materi promosi Penjual. Anda juga setuju bahwa pengecualian jaminan, tanggung jawab, dan solusi dalam Syarat & Ketentuan ini mengalokasikan risiko antara para pihak dan memungkinkan Penjual menawarkan Produk dengan harga lebih rendah. Anda setuju bahwa pengecualian tersebut wajar.
2.10 Tanpa representasi atau jaminan: Tanpa mengurangi ketentuan umum Klausul 2.9:
– 2.10.1 Tidak ada kondisi atau jaminan mengenai masa pakai Produk atau kesesuaiannya untuk tujuan tertentu, meskipun tujuan tersebut diketahui Penjual.
– 2.10.2 Penjual hanya terikat untuk mengirimkan Produk sesuai deskripsi umum. Deskripsi khusus hanya dianggap sebagai opini Penjual. Penjual tidak menjamin kualitas, kondisi, atau kesesuaian Produk.
– 2.10.3 Penjual tidak bertanggung jawab atas perbaikan yang tidak tepat, perubahan tanpa persetujuan, atau penggunaan suku cadang yang tidak berasal dari Penjual.
– 2.10.4 Penjual tidak bertanggung jawab atas cacat akibat penggunaan tidak tepat, pemasangan salah, kelalaian, keausan normal, kerusakan disengaja, kondisi kerja abnormal, perawatan buruk, beban berlebih, bahan yang tidak sesuai, atau ketidakpatuhan terhadap instruksi Penjual.
– 2.10.5 Penjual tidak bertanggung jawab atas kerugian pihak ketiga akibat perbaikan tanpa persetujuan tertulis Penjual. Pelanggan wajib mengganti rugi Penjual atas klaim tersebut.
– 2.10.6 Penjual tidak bertanggung jawab jika harga Produk belum dibayar lunas pada jatuh tempo.
– 2.10.7 Penjual tidak bertanggung jawab atas cacat yang timbul setelah masa Garansi Produk berakhir.
2.11 Hak Kekayaan Intelektual:
– 2.11.1 Kecuali ada persetujuan tertulis dari Harman International Industries, Incorporated (Amerika Serikat) (“Harman”), Pelanggan tidak boleh menghapus atau mengubah merek dagang, logo, pemberitahuan hak cipta, nomor seri, label, atau tanda identifikasi lain pada Produk.
– 2.11.2 Jika perangkat lunak, driver, program komputer, atau detail desain lainnya, manual teknis, gambar, atau data (“Materi Produk”) diberikan oleh Penjual terkait Pesanan, penggunaannya tunduk pada syarat lisensi atau ketentuan penggunaan yang berlaku.
– 2.11.3 Pelanggan mengakui bahwa Materi Produk tetap menjadi milik Penjual atau pemberi lisensinya. Semua Kekayaan Intelektual yang terkandung di dalamnya tetap menjadi milik eksklusif Penjual atau pemberi lisensinya. Kecuali ditentukan lain dalam Pesanan atau ada persetujuan tertulis Harman, Pelanggan wajib mengembalikan Materi Produk atau salinannya atas permintaan Harman.
3. Pengiriman Produk
3.1 Alamat: Produk akan dikirim ke alamat yang Anda tentukan dalam Pesanan, oleh Penjual atau agennya.
3.2 Biaya pengiriman & kemasan: Mengikuti rincian dalam Pesanan.
3.3 Pelacakan: Status pengiriman dapat dilacak di halaman “Pelacakan Pesanan.”
3.4 Jangka waktu pengiriman: Pengiriman bergantung pada ketersediaan Produk. Penjual akan berusaha mengirimkan dalam waktu yang tercantum di Platform, namun keterlambatan bisa terjadi. Jika tertunda, Penjual akan memberi tahu Anda via WhatsApp dalam 1×24 jam, atau melalui email bila tidak ada respon. Waktu pengiriman bukanlah kewajiban mutlak, dan Penjual tidak bertanggung jawab atas keterlambatan apa pun.
3.5 Penerimaan dianggap sah: Jika dalam 3 hari setelah tanggal pengiriman yang diproyeksikan Anda tidak menghubungi Penjual, maka dianggap Produk sudah diterima.
3.6 Voucher dari Penjual: Jika keterlambatan disebabkan Produk habis stok, Penjual dapat memberikan voucher. Jika keterlambatan karena pihak lain, voucher tidak berlaku. Dengan menerima voucher, Anda tidak dapat mengajukan klaim lain.
3.7 Kegagalan menerima: Jika Anda gagal menerima Produk (selain karena alasan di luar kendali Anda atau kesalahan Penjual), maka Penjual berhak mengakhiri Kontrak Konsumen.
4. Harga Produk
4.1 Harga Daftar: Harga yang berlaku adalah harga tercantum saat Pesanan dikirim melalui Platform.
4.2 Pajak: Semua Harga Daftar dikenakan pajak kecuali dinyatakan lain. Penjual berhak mengubah harga kapan saja tanpa alasan atau pemberitahuan.
5. Pembayaran
5.1 Umum: Anda dapat membayar menggunakan metode pembayaran yang ditentukan Penjual. Pembayaran hanya akan ditagihkan setelah Pesanan diterima dan Kontrak Konsumen terbentuk. Semua pembayaran dilakukan kepada Penjual, baik atas nama sendiri maupun sebagai agen Vendor Pihak Ketiga.
5.2 Syarat tambahan: Metode pembayaran dapat tunduk pada syarat tambahan yang ditetapkan Penjual.
5.3 Metode pembayaran: Anda tunduk pada perjanjian pengguna dari metode pembayaran yang dipilih. Anda tidak dapat menuntut Penjual atau agennya atas kegagalan atau gangguan pembayaran. Penjual berhak mengubah atau menghentikan metode pembayaran kapan saja tanpa pemberitahuan.
5.4 Penagihan: Penjual dapat menerbitkan tagihan kepada Anda pada tanggal jatuh tempo atas setiap pembayaran berdasarkan Kontrak Konsumen.
5.5 Gagal bayar: Jika Pelanggan gagal melakukan pembayaran sesuai syarat dan ketentuan metode pembayaran yang dipilih, atau pembayaran dibatalkan dengan alasan apa pun, maka tanpa mengurangi hak atau upaya hukum lainnya yang tersedia bagi Penjual, Penjual berhak untuk membatalkan Kontrak Konsumen atau menangguhkan pengiriman Produk sampai pembayaran dilakukan penuh.
5.6 Pengembalian Dana:
(a) Semua pengembalian dana akan dilakukan melalui mekanisme pembayaran asli dan kepada pihak yang melakukan pembayaran awal, kecuali untuk Pembayaran Tunai di Tempat (Cash on Delivery), di mana pengembalian dana akan dilakukan melalui transfer bank ke rekening bank individu sepanjang rincian rekening yang lengkap dan akurat telah diberikan kepada kami.
(b) Kami tidak memberikan jaminan apa pun terkait ketepatan waktu sampainya pengembalian dana ke rekening Anda. Pemrosesan pembayaran memerlukan waktu dan tunduk pada lini masa pemrosesan internal bank dan/atau penyedia pembayaran masing-masing.
(c) Semua biaya yang terkait proses pengembalian dana yang dikenakan oleh bank pemroses dan/atau penyedia pembayaran akan ditanggung oleh kami.
(d) Semua pengembalian dana bersyarat pada penerimaan kami atas pengembalian Produk yang valid.
(e) Kami berhak mengubah mekanisme pemrosesan pengembalian dana dengan memberikan pemberitahuan kepada Anda.
6. Pengembalian/Pengembalian Dana/Perbaikan/Penggantian
6.1 Kebijakan Pengembalian: Semua pengembalian harus dilakukan sesuai instruksi yang tercantum dalam Kebijakan Pengembalian pada Kebijakan Pengembalian Penjual. Pelanggan dapat memulai proses pengembalian dengan berkomunikasi dengan Penjual melalui Platform, sesuai keadaan. Penjual tidak berkewajiban menyetujui pengembalian kecuali seluruh instruksi tersebut dipenuhi sampai memuaskan bagi Penjual. Pelanggan mengakui bahwa pengembalian dapat ditolak jika instruksi tersebut tidak dipatuhi secara ketat. Untuk pengembalian yang valid, Penjual dapat (sebagaimana berlaku dan atas kebijaksanaannya) menawarkan upaya pemulihan sebagaimana diatur dalam Klausul 6.3.
6.2 Pengembalian yang diizinkan: Dengan tunduk pada Klausul 6.1, dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari sejak tanggal pengiriman Produk, Anda dapat mengembalikan Produk apabila Anda:
6.2.1 menerima produk yang secara fundamental berbeda sifatnya dari Produk yang ditentukan dalam Kontrak Konsumen; atau
6.2.2 menerima Produk yang rusak atau cacat.
6.3 Pengembalian dana, perbaikan, penggantian, atau pengurangan harga: Untuk Produk yang memenuhi syarat pengembalian yang valid, Penjual dapat menawarkan upaya berikut atas kebijaksanaannya sendiri:
– Pengembalian dana: Penjual dapat menawarkan kepada Pelanggan pengembalian dana sebagian atau seluruh harga yang dibayarkan untuk Produk yang tidak sesuai, dalam bentuk uang tunai atau voucher. Penjual memiliki keleluasaan penuh dalam mengambil keputusan pengembalian dana.
– Perbaikan: Penjual dapat menawarkan perbaikan atas Produk yang tidak sesuai.
– Penggantian: Penjual dapat menawarkan Produk pengganti sebagai penukar atas Produk yang tidak sesuai.
Apabila Pelanggan memilih perbaikan atau penggantian dan Penjual gagal melakukannya dalam jangka waktu yang wajar, Penjual dapat memberikan pengurangan harga kepada Pelanggan secara proporsional dengan penurunan nilai Produk, dengan besaran yang ditentukan sepenuhnya oleh Penjual. Setelah Pelanggan menerima upaya pemulihan dari Penjual sebagaimana diatur di atas, Pelanggan tidak memiliki klaim lebih lanjut terhadap Penjual terkait Produk yang tidak sesuai.
6.4 Pengembalian Produk yang tidak sesuai: Ketika Penjual telah memberikan Produk pengganti atau pengembalian dana penuh kepada Pelanggan, Produk yang tidak sesuai atau bagiannya menjadi milik Penjual. Penjual dapat, atas kebijaksanaannya sendiri, meminta agar Produk yang tidak sesuai tersebut dikirim kembali kepada Penjual dengan biaya Pelanggan.
7. Pertanyaan dan keluhan
7.1 Jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan, (i) Anda dapat menghubungi Penjual secara langsung melalui Platform; atau (ii) menghubungi Penjual melalui halaman “Hubungi Kami” di Platform, sesuai yang berlaku.
7.2 Jika Pelanggan tidak dapat menyelesaikan sengketa apa pun dengan Penjual melalui negosiasi damai secara langsung, Penjual berhak untuk menyarankan dan menerapkan solusi yang sesuai atas kebijaksanaannya sendiri.
8. Pengakhiran
8.1 Pembatalan oleh Anda: Anda dapat membatalkan Kontrak Konsumen sebelum Penjual mengirimkan Produk berdasarkan Kontrak Konsumen tersebut dengan pemberitahuan tertulis kepada Penjual melalui halaman Hubungi Kami di Halaman Kontak. Jika Produk telah dikirim, Anda tidak dapat membatalkan Kontrak Konsumen, tetapi hanya dapat mengembalikan Produk sesuai Klausul 6.
8.2 Pembatalan oleh Penjual: Tanpa mengurangi hak pengakhiran lainnya dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini, Penjual dapat menghentikan Produk yang sedang dalam perjalanan, menangguhkan pengiriman lebih lanjut kepada Pelanggan, dan/atau mengakhiri Kontrak Konsumen dengan segera melalui pemberitahuan tertulis kepada Pelanggan pada saat atau kapan pun setelah terjadinya salah satu peristiwa berikut:
8.2.1 Produk dalam Kontrak Konsumen tidak tersedia karena alasan apa pun;
8.2.2 Pelanggan melanggar kewajiban dalam Kontrak Konsumen;
8.2.3 Pelanggan mengesahkan keputusan untuk pembubaran (winding up) atau pengadilan berwenang menetapkan perintah pembubaran atau likuidasi Pelanggan;
8.2.4 diterbitkan perintah administrasi terkait Pelanggan atau ditunjuknya penerima (receiver) atau kreditor berhak mengambil alih atau menjual aset Pelanggan; atau
8.2.5 Pelanggan membuat pengaturan atau komposisi dengan para krediturnya secara umum atau mengajukan permohonan ke Pengadilan berwenang untuk perlindungan dari para krediturnya.
8.3 Para pihak sepakat untuk mengenyampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sepanjang mensyaratkan adanya penetapan pengadilan terlebih dahulu untuk mengakhiri Kontrak Konsumen dan/atau Syarat Penjualan ini.
9. Risiko dan kepemilikan atas Barang
9.1 Risiko kerusakan atau hilangnya Barang beralih kepada Pembeli pada saat pengiriman atau, jika Pembeli secara tidak sah menolak menerima pengiriman Barang, pada saat Penjual telah menawarkan pengiriman Barang.
9.2 Terlepas dari pengiriman dan beralihnya risiko atas Barang atau ketentuan lainnya dalam Syarat ini, kepemilikan atas Barang tidak akan berpindah kepada Pembeli sampai Penjual menerima pembayaran penuh dalam bentuk uang tunai atau dana yang telah efektif atas harga Barang dan seluruh barang lain yang disepakati untuk dijual Penjual kepada Pembeli yang pada saat itu telah jatuh tempo pembayarannya.
9.3 Sampai saat kepemilikan atas Barang berpindah kepada Pembeli, Pembeli akan memegang Barang tersebut sebagai agen fidusia dan penerima titipan (bailee) Penjual serta menyimpan Barang terpisah dari milik Pembeli.
9.4 Pembeli setuju bahwa Pembeli akan segera memberitahukan Penjual mengenai setiap hal yang dari waktu ke waktu memengaruhi hak milik Penjual atas Barang, dan Pembeli akan memberikan informasi apa pun terkait Barang sebagaimana mungkin diperlukan Penjual dari waktu ke waktu.
9.5 Sampai saat kepemilikan atas Barang berpindah kepada Pembeli (dan sepanjang Barang masih ada dan belum dijual kembali), Penjual berhak kapan saja menuntut Pembeli untuk menyerahkan Barang kepada Penjual. Jika tidak dipatuhi, Penjual berhak menempuh jalur hukum untuk penyerahan Barang dan menuntut ganti rugi serta seluruh biaya lain termasuk namun tidak terbatas pada biaya hukum terhadap Pembeli.
9.6 Pembeli tidak berhak menggadaikan atau dengan cara apa pun membebankan jaminan atas utang atas Barang yang masih menjadi milik Penjual; namun jika Pembeli tetap melakukan hal tersebut, seluruh uang yang terutang Pembeli kepada Penjual (tanpa mengurangi hak atau upaya hukum lain Penjual) seketika menjadi jatuh tempo dan harus dibayarkan.
9.7 Jika ketentuan dalam Klausul 9 ini tidak efektif menurut hukum negara tempat Barang berada, maka konsep hukum yang paling mendekati retensi hak milik di negara tersebut dianggap berlaku mutatis mutandis untuk memberikan daya laku pada maksud yang dinyatakan dalam klausul ini, dan Pembeli harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mewujudkannya.
9.8 Pembeli akan mengganti rugi Penjual atas semua kerugian, kerusakan, biaya, pengeluaran, dan biaya hukum yang dikeluarkan sehubungan dengan penegasan dan penegakan hak Penjual berdasarkan klausul ini.
10. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
10.1 SATU-SATUNYA UPAYA HUKUM PELANGGAN: UPAYA-UPAYA YANG DITETAPKAN DALAM KLAUSUL 6 MERUPAKAN SATU-SATUNYA DAN EKSKLUSIF UPAYA HUKUM PELANGGAN ATAS KETIDAKSESUAIAN ATAU CACAT PADA PRODUK.
10.2 TANGGUNG JAWAB MAKSIMUM: TERLEPAS DARI KETENTUAN LAIN DALAM SYARAT & KETENTUAN PENJUALAN INI, TANGGUNG JAWAB KUMULATIF MAKSIMUM PENJUAL KEPADA ANDA ATAU PIHAK LAIN ATAS SELURUH KERUGIAN YANG TIMBUL BERDASARKAN, DARI, ATAU TERKAIT PENJUALAN PRODUK BERDASARKAN SETIAP KONTRAK KONSUMEN, TIDAK AKAN MELEBIHI JUMLAH YANG TELAH ANDA BAYARKAN KEPADA PENJUAL BERDASARKAN KONTRAK KONSUMEN TERSEBUT.
10.3 PENGECUALIAN TANGGUNG JAWAB: PIHAK-PIHAK YANG DIBEBASKAN DARI TANGGUNG JAWAB PENJUAL (SELLER INDEMNITEES) TIDAK BERTANGGUNG JAWAB KEPADA ANDA ATAS KERUGIAN APA PUN DAN BAGAI-MANAPUN TERJADINYA (TERLEPAS DARI BENTUK GUGATANNYA) YANG TIMBUL SECARA LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG SEHUBUNGAN DENGAN: (i) JUMLAH YANG TERUTANG OLEH PENGGUNA LAIN PLATFORM TERKAIT PEMBELIAN PRODUK APA PUN; (ii) PENJUALAN PRODUK KEPADA ANDA, ATAU PENGGUNAAN ATAU PENJUALAN KEMBALI OLEH ANDA; dan (iii) CACAT YANG TIMBUL DARI KEAUSAN WAJAR, KERUSAKAN YANG DISENGAJA, PENYALAHGUNAAN, KELALAIAN, KECELAKAAN, PENYIMPANAN ATAU KONDISI KERJA YANG ABNORMAL, PERUBAHAN ATAU MODIFIKASI ATAS PRODUK, ATAU KETIDAKPATUHAN TERHADAP INSTRUKSI PENJUAL MENGENAI PENGGUNAAN PRODUK (BAIK LISAN MAUPUN TERTULIS).
11. Umum
11.1 Rujukan kepada “Penjual”: Rujukan kepada “Penjual” dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini berlaku baik atas tindakan Penjual untuk dan atas namanya sendiri sebagai Penjual dan/atau sebagai operator Platform maupun sebagai agen Vendor Pihak Ketiga selaku Penjual dalam setiap Kontrak Konsumen.
11.2 Hak untuk mensubkontrakkan: Vendor Pihak Ketiga berhak mendelegasikan dan/atau mensubkontrakkan hak atau kewajiban apa pun berdasarkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini kepada Penjual atau penyedia layanan, subkontraktor, dan/atau agen yang ditunjuk Penjual.
11.3 Hak dan upaya hukum bersifat kumulatif: Kecuali ditentukan lain dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini, seluruh ketentuan serta hak dan upaya hukum Penjual berdasarkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini bersifat kumulatif dan tanpa mengurangi serta sebagai tambahan atas hak atau upaya hukum apa pun yang dimiliki Penjual berdasarkan hukum atau keadilan. Penggunaan satu hak atau upaya hukum oleh Penjual tidak akan (kecuali sejauh diatur secara tegas dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini atau berdasarkan hukum) menghalangi atau mencegah Penjual menggunakan hak atau upaya hukum lainnya.
11.4 Tidak ada pengesampingan (waiver): Kelalaian Penjual untuk menegakkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini tidak akan dianggap sebagai pengesampingan syarat-syarat ini, dan tidak memengaruhi hak Penjual untuk menegakkannya di kemudian hari. Penjual tetap berhak menggunakan hak dan upaya hukumnya dalam situasi lain ketika Anda melanggar Syarat & Ketentuan Penjualan ini.
11.5 Dapat dipisahkan (severability): Jika sewaktu-waktu ada ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini menjadi ilegal, tidak sah, atau tidak dapat diberlakukan dalam aspek apa pun, legalitas, keabsahan, dan keberlakuan ketentuan lainnya tidak akan terpengaruh dan tetap berlaku seolah-olah ketentuan tersebut dipisahkan dari Syarat & Ketentuan Penjualan ini.
11.6 Hak pihak ketiga: Orang atau entitas yang bukan pihak dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini tidak memiliki hak di yurisdiksi mana pun berdasarkan perjanjian untuk menegakkan ketentuan apa pun dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini, terlepas apakah orang atau entitas tersebut disebutkan namanya, sebagai anggota suatu kelas, atau memenuhi deskripsi tertentu. Untuk menghindari keraguan, tidak ada dalam klausul ini yang memengaruhi hak setiap penerima pengalihan atau pihak yang diperbolehkan menerima pengalihan atas Syarat & Ketentuan Penjualan ini.
11.7 Hukum yang mengatur: Syarat & Ketentuan Penjualan ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Indonesia, dan Anda dengan ini tunduk pada yurisdiksi eksklusif pengadilan Indonesia.
11.8 Kecuali sebagaimana diatur dalam Klausul 11.7, setiap sengketa, kontroversi, atau klaim yang timbul dari atau terkait dengan kontrak ini, atau pelanggaran, pengakhiran, atau ketidakabsahannya, akan diselesaikan melalui arbitrase sesuai dengan Aturan Arbitrase yang berlaku. Tempat arbitrase adalah Indonesia. Putusan majelis arbitrase bersifat final dan mengikat para pihak.
11.9 Upaya hukum berupa perintah (injunctive relief): Penjual dapat segera meminta upaya hukum berupa perintah pengadilan sementara (temporary restraining order) atau bentuk injunctive relief lainnya apabila Penjual, dengan itikad baik, menentukan bahwa suatu pelanggaran atau ketidakpelaksanaan sedemikian rupa sehingga satu-satunya upaya yang tepat atau memadai adalah injunctive relief yang segera.
11.10 Perubahan (Amandemen): Penjual dapat, melalui pemberitahuan yang dikeluarkan bersama dengan Penjual melalui Platform atau melalui cara pemberitahuan lain yang ditetapkan oleh Penjual (termasuk pemberitahuan melalui email), mengubah syarat dan ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini, yang mulai berlaku pada tanggal yang ditentukan Penjual melalui cara tersebut. Jika Anda menggunakan Platform atau Layanan setelah tanggal tersebut, Anda dianggap telah menerima perubahan dimaksud. Jika Anda tidak menerima perubahan tersebut, Anda harus menghentikan akses atau penggunaan Platform dan Layanan serta mengakhiri Syarat & Ketentuan Penjualan ini. Hak Penjual untuk mengubah Syarat & Ketentuan Penjualan sebagaimana dimaksud akan dilakukan dengan keterlibatan bersama pihak Penjual (baik melalui Portal atau cara lain yang ditetapkan) dan, dengan tunduk pada ketentuan di atas, dapat dilakukan tanpa persetujuan orang atau entitas mana pun yang bukan merupakan pihak dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini. Versi Syarat & Ketentuan Penjualan yang berlaku untuk suatu Pesanan adalah versi terbaru yang sedang berlaku.
11.11 Koreksi kesalahan: Setiap kesalahan ketik, administratif, atau kesalahan/kelalaian lainnya dalam setiap penerimaan, faktur, atau dokumen lain dari pihak Penjual dapat diperbaiki tanpa menimbulkan tanggung jawab apa pun pada pihak Penjual.
11.12 Mata uang: Rujukan mata uang dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini adalah dalam Rupiah Indonesia.
11.13 Bahasa: Syarat Penjualan ini dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kedua teks sama-sama berlaku. Jika terdapat ketidakselarasan atau perbedaan penafsiran antara teks bahasa Inggris dan teks bahasa Indonesia, maka teks bahasa Inggris yang akan berlaku dan teks bahasa Indonesia yang relevan dianggap secara otomatis diubah agar sesuai dan konsisten dengan teks bahasa Inggris yang relevan.
11.14 Keseluruhan perjanjian: Syarat & Ketentuan Penjualan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dan Penjual terkait pokok bahasan di dalamnya dan menggantikan seluruh pemahaman, komunikasi, dan perjanjian sebelumnya secara penuh terkait pokok bahasan tersebut.
11.15 Mengikat dan konklusif: Anda mengakui dan setuju bahwa setiap catatan (termasuk rekaman percakapan telepon terkait Layanan, jika ada) yang disimpan oleh Penjual atau penyedia layanannya yang berkaitan dengan atau sehubungan dengan Platform dan Layanan adalah mengikat dan konklusif bagi Anda untuk tujuan apa pun serta merupakan bukti konklusif atas informasi dan/atau data yang ditransmisikan antara Penjual dan Anda. Anda setuju bahwa catatan tersebut dapat diterima sebagai alat bukti dan Anda tidak akan menentang atau memperdebatkan keterterimaan, keandalan, ketepatan, atau keaslian catatan tersebut semata-mata karena catatan berbentuk elektronik atau merupakan keluaran sistem komputer, dan dengan ini Anda melepaskan hak Anda (jika ada) untuk mengajukan keberatan demikian.
11.16 Subkontrak dan delegasi: Penjual berhak mendelegasikan atau mensubkontrakkan pelaksanaan fungsi apa pun sehubungan dengan pemenuhan kewajibannya berdasarkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini serta berhak menggunakan penyedia layanan, subkontraktor, dan/atau agen dengan syarat yang dianggap tepat oleh Penjual.
11.17 Pengalihan (Assignment): Anda tidak boleh mengalihkan hak Anda berdasarkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Penjual. Penjual dapat mengalihkan haknya berdasarkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini kepada pihak ketiga mana pun.
11.18 Keadaan kahar (Force Majeure): Penjual tidak akan bertanggung jawab atas tidak terpenuhinya, kesalahan, gangguan, atau keterlambatan dalam pelaksanaan kewajibannya berdasarkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini (atau bagiannya), atau atas ketidakakuratan, ketidakandalan, atau ketidaksesuaian konten Platform dan/atau Layanan, jika hal tersebut, seluruhnya atau sebagian, secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh suatu peristiwa atau kegagalan yang berada di luar kendali wajar Penjual.
Jadwal 1 – Definisi dan Interpretasi
Definisi. Kecuali konteksnya mengharuskan lain, istilah-istilah berikut memiliki arti sebagai berikut dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini:
1.1 “Hari Kerja” berarti hari (tidak termasuk Sabtu dan Minggu) ketika bank pada umumnya buka untuk beroperasi di Indonesia.
1.2 “Pelanggan” berarti pengguna yang berwenang dari Platform dan/atau Layanan.
1.3 “Kontrak Konsumen” memiliki arti sebagaimana dimaksud dalam Klausul 2.6.
1.4 “Kekayaan Intelektual” berarti seluruh hak cipta, paten, inovasi utilitas, merek dagang dan merek jasa, indikasi geografis, nama domain, hak atas desain tata letak, desain terdaftar, hak desain, hak basis data, nama dagang atau nama usaha, hak untuk melindungi rahasia dagang dan informasi rahasia, hak untuk melindungi goodwill dan reputasi, serta seluruh hak kepemilikan serupa atau yang bersesuaian dan seluruh permohonan pendaftarannya, baik yang saat ini ada maupun yang akan diciptakan di masa depan, di mana pun di dunia, terdaftar atau tidak, serta seluruh manfaat, hak istimewa, hak untuk menggugat, menagih ganti rugi, dan memperoleh perlindungan atau upaya hukum lainnya atas pelanggaran, penyalahgunaan, atau pelanggaran hak di masa lalu, saat ini, atau yang akan datang.
1.5 “Penerima Pembebasan Tanggung Jawab JBL (JBL Indemnitees)” berarti JBL dan seluruh pejabat, karyawan, direktur, agen, kontraktor, dan penerima pengalihannya masing-masing.
1.6 “JBL” merujuk pada Harman International Singapore Pte. Ltd., dengan alamat terdaftar di Golden Agri Plaza, 108 Pasir Panjang Road #02-08 Singapore 118535.
1.7 “Harga Daftar (Listing Price)” berarti harga Produk yang tercantum untuk dijual kepada Pelanggan, sebagaimana dinyatakan pada Platform.
1.8 “Kerugian (Losses)” berarti seluruh kerugian, jumlah penyelesaian, biaya (termasuk biaya dan ongkos hukum pada dasar kuasa-hukum/klien), beban, pengeluaran, tindakan, proses, klaim, tuntutan, dan kewajiban lainnya, baik yang dapat diperkirakan maupun tidak.
1.9 “Pesanan (Order)” berarti pesanan Anda atas Produk yang dikirim melalui Platform sesuai dengan Syarat & Ketentuan Penjualan.
1.10 “Kata Sandi (Password)” berarti kata sandi yang sah yang dapat digunakan oleh Pelanggan pemilik akun pada Penjual bersama dengan Nama Pengguna untuk mengakses Platform dan/atau Layanan yang relevan.
1.11 “Data Pribadi (Personal Data)” berarti data, benar atau tidak, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan Anda. Data Pribadi dapat mencakup nama, alamat email, alamat penagihan, alamat pengiriman, nomor telepon, dan informasi kartu kredit Anda.
1.12 “Platform” berarti (a) versi web dan seluler dari situs yang dioperasikan dan/atau dimiliki oleh Penjual yang saat ini berlokasi pada URL: https://jblstore.co.id.
1.13 “Produk (Product)” berarti produk (termasuk setiap bagian/instalmen produk atau setiap bagiannya) yang tersedia untuk dijual kepada Pelanggan di Platform.
1.14 “Garansi Produk (Product Warranty)” berarti garansi terkait Produk (termasuk setiap bagian/instalmen atau bagian dari produk tersebut) yang tersedia untuk Pelanggan di Platform.
1.15 “Kebijakan Pengembalian (Return Policy)” berarti kebijakan pengembalian yang ditetapkan pada Kebijakan Pengembalian Penjual.
1.16 “Vendor Pihak Ketiga (Third Party Vendor)” berarti penjual yang, dengan izin Penjual, menggunakan Platform dan/atau Layanan untuk menjual Produk kepada Pelanggan.
1.17 “Penjual (Seller)” berarti penjual Produk sebagaimana dijelaskan dalam Klausul 2.3, dan termasuk Vendor Pihak Ketiga.
1.18 “Layanan (Services)” berarti layanan, informasi, dan fungsi yang disediakan Penjual pada Platform.
1.19 “Syarat & Ketentuan Penjualan (Terms & Conditions of Sale)” berarti Klausul 1 sampai dengan 11 dan setiap Jadwal dari syarat dan ketentuan ini.
1.20 “Syarat Penggunaan (Terms of Use)” berarti syarat dan ketentuan yang mengatur penggunaan Platform dan/atau Layanan oleh Pelanggan dan tercantum di https://jblstore.co.id/en/terms-and-conditions/.
1.21 “Merek Dagang (Trademarks)” berarti merek dagang, merek jasa, nama dagang, dan logo yang digunakan dan ditampilkan pada Platform.
1.22 “Nama Pengguna (Username)” berarti nama atau kode identifikasi login unik yang mengidentifikasi Pelanggan yang memiliki akun pada Penjual.
1.23 “Voucher” berarti voucher kredit yang dapat digunakan oleh Pelanggan, tunduk pada syarat dan ketentuan lainnya, untuk pembayaran pembelian pada Platform.
1.24 “Syarat & Ketentuan Voucher (Voucher Terms & Conditions)” tercantum di https://www.jblstore.co.id/voucher-terms-of-use/.
1.25 “Anda” dan “milik Anda (you/your)” merujuk pada individu-individu yang berusia setidaknya 21 tahun atau yang berada di bawah pengawasan orang tua atau wali yang sah.
Interpretasi: Setiap rujukan dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini terhadap ketentuan undang-undang akan ditafsirkan sebagai rujukan terhadap ketentuan tersebut sebagaimana telah diubah, diberlakukan kembali, atau diperluas pada waktu yang relevan. Dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini, setiap kali kata “termasuk”, “mencakup”, atau “meliputi” digunakan, dianggap diikuti oleh frasa “tanpa batasan”. Kecuali dinyatakan secara tegas sebaliknya, semua rujukan terhadap jumlah hari berarti hari kalender, dan kata “bulan” atau “bulanan” serta seluruh rujukan terhadap jumlah bulan berarti bulan kalender. Judul klausul dicantumkan semata-mata untuk kemudahan dan tidak memengaruhi penafsiran Syarat & Ketentuan Penjualan ini. Jika terjadi konflik atau ketidakkonsistenan antara dua atau lebih ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini, baik ketentuan tersebut terdapat dalam dokumen yang sama maupun berbeda, konflik atau ketidakkonsistenan tersebut akan diselesaikan untuk kepentingan Penjual dan ketentuan yang lebih menguntungkan Penjual yang akan berlaku.